image source: http://www.featurepics.com
Udah lama ga update tiba-tiba terlintas sebuah kata-kata untuk ditulis. Meskipun sekilas, tapi setidaknya hal kecil ini memunculkan lagi pemikiran baru. Karena menulispun harus mempunyai alasan.

Akhir-akhir ini hujan terus saja mendatangi Ibu Kota, kekhawatiran utama yang pasti ya tentunya banjir. Satu hal yang sangat tidak menyenangkan adalah harus berangkat kerja ketika hujan tiba, apa lagi kalau ditambah banjir, hhmm, tambah nikmat. Tapi, apapun itu, semuanya akan terasa melegakan ketika sampai ditempat kerja dengan selamat.

Saat itu ditempat kerja yang dingin diterpa hujan dan laboratorium dengan AC menyala, tangan kiri memegang bulb pump, tangan kanan memegang volumetric pipet, ada seorang rekan kerja datang. Cukup bisa menjadi teman ngobrol di Lab yang sepi.

Ditengah obrolan muncul sebuah pertanyaan darinya,

"Kalau boleh tahu, apa motivasi hidup kamu?"

Sejenak terdiam, dengan pikiran berputar-putar. Pertanyaan ini pertanyaan sederhana dan ringan namun tak ringan untuk dijawab.

Sudah sewajarnya bukan kalau manusia itu makhluk yang tak pernah puas. Ketika tercapai apa yang diinginkan, selalu saja ada hal baru yang diinginkan. Ya, it's true, hal ini memang mutlak diperlukan. 

Katakanlah ketika manusia sudah puas dengan apa yang ada saat ini dan merasa tak ada lagi hal menarik, tak ada lagi hal yang bisa dilakukan, stack, dan merasa tidak ada gunanya. And then?

Satu hal yang perlu diingat adalah hidup itu menarik kalau kita tertarik untuk hidup. Selalu ada hal yang menyenangkan dibalik ketidak-menyenangkan. Selalu ada kemudahan setelah kesulitan.

Segalanya butuh alasan. Hidup membutuhkan alasan. Kenapa kamu makan? Karena lapar bukan. Ini salah satunya. Dan setiap orang mempunyai alasannya tersendiri. Dan alasan itulah yang memotivasi Anda untuk tetap hidup. Tak sepenuhnya alasan itu negatif. Dan ketika Anda sudah mempunyai alasan ini, Anda bisa menjawab pertanyaan yang sederhana dan ringan namun tak ringan untuk dijawab.

Ketika tak punya alasan? How? Pernah dengar sebuah ungkapan, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri? Itulah jawabannya. Ketika tak ada lagi hal yang menarik, tidak ada hal baru, dan hidup mulai terasa hampa, yang harus kamu lakukan adalah menemui orang lain. Selalu ada hal yang menarik dan hal yang baru ketika kamu berkumpul dengan orang lain. Itulah sebabnya mengapa orang yang sudah bekerja dan hanya mempunyai sedikit waktu libur (sabtu dan minggu, atau bahkan hanya minggu) susah payah merencanakan waktu untuk berkumpul dengan teman-teman yang mungkin sangat jauh hanya untuk bertemu. Karena entah mereka sadar atau tidak, akan ada hal baru dan menarik setelahnya.

So, keep in touch with your friend!

Post a Comment Blogger

 
Top