Tak ada hal yang paling mulia untuk mendapatkan uang selain bekerja. Ya!, bekerja merupakan suatu hal yang paling mulia dalam upaya untuk mendapatkan uang. Tapi apakah semua orang mempunyai pemikiran yang sama tentang hal ini? The answer is not.

Banyak orang yang sungkan bekerja untuk mendapatkan uang. Mereka memilih jalan pintas, jalan yang mereka anggap paling mudah untuk mendapatkan uang tanpa bekerja. Mulai dari melakukan tindakan yang merugikan orang lain (red: kriminal) atau melakukan aksi turun ke jalan layaknya mahasiswa yang sedang berorasi di jalan. Yah, kalau aksi mahasiswa turun ke jalan sih itu tindakan mulia (asal tidak anarkis ya), nah kalau aksi turun ke jalan dengan mengulurkan tangan berharap ada uang yang jatuh dari langit? Silakan kalian pikirkan sendiri :) . Om, kalau kasusnya itu orang (maaf) ga punya tangan? Hmm, this is a little different case. Tapi sudahkah Anda menyimak sebuah kisah inspiratif tentang kehidupan seorang wanita bernama Putri Herlina yang terlahir mempunyai kekurangan, yang bisa Anda temukan disini TUHAN MAHA SUTRADARA.

Kembali lagi pada topik semula. Mencari pekerjaan itu kan sulit? Ya benar memang untuk pribadi yang kurang memaksimalkan usahanya. Semua hal yang rasional dapat Anda dapatkan dengan usaha yang rasional pula. Ketika Anda sudah berusaha mencari pekerjaan namun belum juga mendapatkannya bagaimana? Satu kalimat dari saya: keep try! (ini kalimat bukan yah? hehe). Ada sebuah ungkapan, mencari pekerjaan itu ibarat mencari jodoh, kalau memang belum jodohnya, entah usaha apapun yang Anda lakukan ya tetap Anda tidak akan mendapatkannya, dan yang pasti jodoh itu bukan sesuatu yang bisa diperoleh hanya dengan menunggu sambil berpangku tangan, jadi walaupun sudah ada jodohnya, Anda harus tetap berusaha untuk menemukan jodoh Anda tersebut.

Bekerja itu membutuhkan skill, oleh karena itu perusahaan-perusahaan mencari calon karyawan yang mempunyai pendidikan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Kalau tidak mempunyai pendidikan yang tinggi bagaimana? Masih banyak pekerjaan lain yang dapat Anda lakukan tanpa kualifikasi yang tinggi ini.



Nah, terus bagaimana cara sukses mencari pekerjaan? Berikut beberapa tips cara sukses mencari pekerjaan:

  1. Tentukan Target Anda
    Dalam hal mencari pekerjaan yang Anda inginkan, Anda akan menemukan banyak sekali saingan-saingan yang sama seperti Anda menginginkan sebuah pekerjaan. Ya benar, pencari kerja memang sangat banyak, namun yang perlu diperhatikan adalah lowongan pekerjaan juga banyak. Anda tidak perlu pusing dengan banyaknya lowongan pekerjaan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah tentukan target Anda, apa jenis pekerjaan yang Anda inginkan dan ingin Anda jalani. Tentukan target Anda, dan mulailah fokus pada target ini. Jangan sampai ketika ada orang yang bertanya, apakah pekerjaan yang Anda cari? Anda jawab, apa saja lah, yang penting kerja. Hmm, ini nyari kerja atau ga punya tujuan hidup?
  2. Persiapkan Diri Anda
    Tidak akan pernah Anda dapatkan apa yang Anda inginkan tanpa sebuah persiapan. Persiapkanlah diri Anda baik jasmani maupun rohani. Persiapkan kemampuan Anda secara maksimal. Kuatkan ilmu dan pemikiran Anda tentang bidang yang Anda tentukan. Jangan sampai ketika suatu saat Anda ditanya saat interview tentang bidang Anda, tetapi Anda malah tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.
  3. Cari Pekerjaan yang Benar-Benar Anda Inginkan
    Langkah selanjutnya mulailah mencari pekerjaan yang memang Anda benar-benar inginkan dan sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda. Karena sesuatu yang benar-benar Anda inginkan akan membuat diri Anda benar-benar berusaha untuk mendapatkannya. Jangan sampai ketika surat lamaran Anda direspon kemudian Anda dipanggil untuk wawancara, tiba-tiba Anda tidak menginginkan pekerjaan itu, kemudian Anda membatalkannya.
  4. Kenali Tempat Kerja yang Anda Inginkan
    Ini merupakan hal yang penting. Ketika Anda menemukan sebuah lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda, segeralah Anda mencari informasi tentang perusahaan tersebut seperti alamat kantornya dimana (jangan sampai Anda tertipu dengan perusahaan fiktif), memproduksi apa, bergerak dalam bidang apa, dan info umum lain tentang perusahaan tersebut. Minimal Anda menjadi tahu gambaran umum tentang perusahaan tersebut. Ingat, ada pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang :)
  5. Usaha Maksimal
    Perjuangkan apa yang menjadi keinginan Anda. Ketika Anda memang menginginkan pekerjaan itu (dan memang Anda membutuhkan pekerjaan) maka perjuangkanlah. Ingat, Anda harus datang setiap perusahaan itu memanggil Anda apapun alasannya. Perusahaan tidak mau tahu alasan Anda, yang mereka inginkan adalah mereka memanggil Anda dan Anda datang tepat pada waktu yang sudah ditentukan. Jika Anda berhalangan hadir atau Anda tidak bisa hadir pada waktu yang perusahaan tentukan bagaimana? Cobalah bernegosiasi, ungkapkan alasan Anda dan mintalah dijadwalkan ulang dihari lain. Jika perusahaan tersebut memang menginginkan Anda, pasti mereka akan mempertimbangkan permintaan Anda ini. Usahakan untuk hadir pada setiap panggilan interview, walaupun Anda terhadang banjir yang deras dan hujan badai (lebay banget yah.. hehe), kalau Anda masih bisa datang maka datanglah, jika terpaksa tidak bisa hadir? Janganlah terlalu dipaksakan :)
  6. Prinsip Tebar Jaring
    Dosen saya pernah memberikan resep pada saya mengenai prinsip tebar jaring. Apa artinya? Artinya Anda harus menebar jaring dimana-mana di berbagai tempat yang berbeda, kemudian ketika ada ikan yang masuk ke jaring, segera tarik jaring Anda kuat-kuat. Maksudnya adalah Anda harus mengirim lamaran sebanyak-banyaknya pada berbagai perusahaan yang berbeda (tentu saja yang sesuai dengan point 3 diatas ya), kemudian Anda tinggal menunggu panggilan untuk wawancara.

Sekian tips mencari pekerjaan dari saya, atau Anda ingin menambahkan? Boleh, dengan sangat terbuka dipersilakan, hehe. Pastinya Anda mempunyai ide kreatif sendiri bagaimana cara mencari pekerjaan yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment Blogger

 
Top