Cuaca cerah ceria ibu kota membuat hari ini terasa menyenangkan. Hmm, setelah lama vacum dari internet, timbul keinginan lagi untuk kembali eksis di dunia maya. Hehe.. Ingin kembali aktif berinteraksi dengan website, tulis-menulis di internet dan lain-lain. Satu hal yang terasa berbeda adalah sekarang sudah tidak bisa lagi merasakan cepatnya akses wifi di kampus pasca perpisahan yang sangat mengenang beberapa bulan silam. And this is the real world now. Saatnya menjalani hidup yang sesungguhnya. Haha, lagi agak lebay...

By the way, beberapa hari yang lalu, ada seorang teman (teman seperjuangan kala menjalani kehidupan kampus) bertanya suatu hal yang sudah lama tidak saya jamah. Simpel pertanyaannya, dia tanya bagaimana cara membuat daftar isi otomatis seperti yang dulu saya buat ketika menulis skripsi? Hmm, agak sedikit lupa. Tapi ini semua merupakan salah satu bagian dari metode Word Long Documents.

Tulisan ini saya buat dalam tiga bagian, karena agak panjang. Dan bagian yang menjelaskan bagaimana cara membuat daftar isi otomatis dalam program Microsoft Word akan saya tulis pada bagian ketiga.

Oke, tanpa perlu panjang lebar, saya akan mulai bahasan bagian yang pertama ini.

Tulisan ini dibuat sebagai panduan praktis belajar Word Long Document. Sebelumnya mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu Word Long Document? Dan apa kegunaannya? Penjelasan singkat tentang Word Long Document yaitu suatu dokumen word yang dibuat dalam satu file dan isi dalam dokumen tersebut terintegrasi satu sama lain. Metode ini biasanya digunakan dalam pembuatan skripsi atau thesis, atau dokumen lainnya. Dengan metode ini Anda bisa membuat sebuah dokumen dengan efektif dan efisien, dimana Anda dapat membuat daftar isi secara otomatis dan akurat tanpa takut terjadinya kesalahan halaman rujukan.

Word Long Document merupakan suatu metode yang kompleks dan perlu perencanaan dari awal pembuatan dokumen. Tulisan ini dibuat untuk mengenalkan dan memberikan sedikit gambaran kepada Anda tentang bagaimana membuat dokumen dengan metode Word Long Document. Panduan lengkap tentang metode ini dapat Anda dapatkan dari sumber lain yang kompeten.



Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat dokumen dengan metode word long documents diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Anda harus mengatur style dari awal pembuatan dokumen. Jika saya sudah punya dokumen (misal skripsi) tapi belum menggunakan metode word long document, kemudian saya ingin merubah dokumen ini menjadi word long document, apakah bisa? Jawabannya bisa, tapi akan sedikit merepotkan nantinya mengenai format dokumen yang kurang rapi (karena dari awal Anda tidak mengatur style dokumen). Oleh karena itu, sebaiknya style sudah diatur sejak awal pembuatan dokumen. Pada bahasan selanjutnya akan saya tunjukkan cara membuat style.
  2. Setiap bab atau bagian tertentu dari dokumen yang mempunyai perlakuan khusus harus dibuat dalam section yang berbeda. Perlakuan khusus misalnya seperti format halaman yang berbeda, contohnya seperti bagian kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, dan lain-lain menggunakan format halaman (i, ii, iii, ...), sedangkan bagian utama menggunakan format halaman (1, 2, 3, ...). Pada bahasan selanjutnya akan saya tunjukkan cara pengaturan section.
  3. Anda dapat menambahkan bab dan subbab dalam daftar isi sampai kedalaman 3 level atau 3 subbab.
Oke. Penjelasan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat style dan section

Post a Comment Blogger

 
Top