Membuat Daftar Isi Otomatis (Table of Contents)



Daftar isi merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu karya ilmiah. Melalui daftar isi pembaca dapat mencari acuan topik yang sesuai lengkap dengan halaman rujukannya. Banyak orang masih menggunakan cara lama dan manual untuk membuat daftar isi. Padahal yang sebenarnya, MS Word mempunyai kemampuan untuk membuat daftar isi otomatis. Daftar isi atau dalam MS Word dikenal sebagai Table of Contents dapat dibuat secara otomatis dan akurat.

Oke, pada bagian ini akan saya tunjukkan bagaimana cara membuat daftar isi otomatis (Automatic Table of Contents). Sebagai bagian dari metode word long document, daftar isi ini memberikan akses yang terintegrasi secara langsung terhadap bagian yang dirujuk. Jadi ketika Anda berada pada halaman daftar isi, Anda bisa langsung klik (jika file masih dalam ekstensi file MS Word, Anda harus menekan tombol Ctrl ketika mengklik) bagian yang dicari dan word akan langsung mengantarkan Anda pada bagian tersebut (seperti hypelink). Hal yang perlu diperhatikan adalah Anda harus memilih bagian mana yang akan dimasukkan ke daftar isi  kemudian Anda menambahkannya ke daftar isi, untuk lebih jelasnya silakan simak langkah-langkah berikut.

Langkah-langkah membuat daftar isi otomatis:
  1. Blok bagian yang akan dimasukkan ke daftar isi, misal kata pengantar, kemudian pilih menu REFERENCES, cari bagian Table of Contents, kemudian klik Add Text dan pilih Level 1 untuk bab utama, Level 2 untuk submenu, Level 3 untuk submenu dari submenu.

  2. Jika Anda sudah melakukan tahap pertama diatas, selanjutnya adalah menampilkan daftar ini. Caranya siapkan satu halaman kosong untuk daftar isi (tentu saja dengan section baru), kemudian pilih menu REFERENCES, cari bagian Table of Contents, kemudian klik Table of Contents ▼, pilih Automatic Table 1.
  3. Dan akhirnya daftar isi Anda pun muncul. Anda dapat melakukan pengeditan sesuai kebutuhan Anda, misal mengganti tulisan Contents menjadi Halaman. Anda tidak perlu khawatir jika Anda melakukan perubahan terhadap isi tulisan Anda baik itu mengurangi atau menambah halaman yang memungkinkan terjadinya perubahan halaman. Yang perlu Anda lakukan hanyalah meng-update daftar isi sehingga rujukan kembali akurat menunjukkan halaman yang tepat. Caranya pilih menu REFERENCES, cari bagian Table of Contents, lalu pilih Update Table. Atau Anda dapat melakukannya langsung dari daftar isi yang tampil. Tersedia dua pilihan, apakah Anda hanya ingin mengupdate halamannya saja, atau mengupdate daftar isi secara keseluruhan. Kemudian klik OK.

 Membuat Daftar Gambar Otomatis


Selain membuat daftar isi otomatis, Anda juga dapat membuat daftar gambar secara otomatis. Prinsipnya hampir sama dengan pembuatan daftar isi otomatis. Cara ini juga dapat digunakan untuk membuat daftar tabel otomatis. Tanpa perlu panjang lebar, silakan simak cara membuat daftar gambar otomatis berikut.
  1. Langkah pertama silakan Anda sisipkan gambar pada dokumen Anda. Kemudian klik gambar tersebut sehingga gambar tersebut terseleksi atau aktif. Selanjutnya pilih menu REFERENCES, cari bagian Captions, kemudian pilih Insert Caption.
     
  2. Akan terbuka jendela Caption. Selanjutnya buat label baru dengan klik tombol New Label, dan isikan dengan nama label yang Anda butuhkan, misalnya Gambar (tanpa titik dan tanpa nomor), klik OK. Anda dapat memilih nama label yang ingin digunakan dengan memilih pilihan pada bagian Options > Label. Nomor urut gambar akan secara otomatis terisikan pada kolom isian Caption: sesuai dengan urutan Anda menyisipkan gambar dalam dokumen yang Anda buat. Anda dapat menambahkan kata-kata pada kolom isian Caption: misalnya menjadi Gambar 1 Membuat style baru. Kemudian klik OK.
  3. Langkah terakhir yaitu menampilkan daftar gambar. Sama seperti daftar isi, daftar gambar ini akan secara otomatis menampilkan nama gambar beserta halaman dimana gambar itu berada. Caranya siapkan satu halaman kosong untuk daftar gambar (tentu saja dengan section baru), kemudian pilih menu REFERENCES, cari bagian Captions, lalu pilih Insert Table of Figures.
 Sebagian besar orang masih menggunakan metode manual dalam pembuatan skripsi atau karya tulis lain. Biasanya bab-bab akan dibuat secara terpisah dalam file yang berbeda. Pembuatan daftar isi pun masih manual. Metode word long document sangat praktis dan akan memudahkan kerja Anda dalam membuat skripsi atau karya tulis lain. Memang pada awalnya terlihat ribet dengan pengaturan ini dan itu. But, Trust Me, It would be more effective and efficient later.

Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat. Masih banyak yang masih bisa dilakukan dalam pembuatan word long document, seperti footnote, endnote, citation, dan lainnya. Anda dapat mempelajari hal tersebut pada sumber lain yang kompeten.

Post a Comment Blogger

 
Top