Otak, yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan encephalon merupakan pusat sistem saraf (central nervous system, CNS) pada vertebrata dan banyak invertebrata. Bagaimana dengan otak manusia? 

Otak manusia adalah sebuah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350 cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Itulah sedikit informasi ilmiah tentang otak manusia. Nah, sekarang coba tebak, termasuk otak manakah Anda? Otak kiri atau kah otak kanan?

Untuk mengetahuinya, mari kita lakukan sedikit eksperimen. Ekperimen terdiri dari dua Tes, kita namakan Tes A dan Tes B.

Tes A
Genggam tangan Anda bersama-sama didepan Anda, kemudian perhatikan ibu jari tangan Anda. Jika ibu jari tangan kiri berada di bawah ibu jari tangan kanan artinya otak kiri. Jika ibu jari tangan kanan berada di bawah ibu jari tangan kiri artinya otak kanan. Jika tangan Anda sama seperti pada gambar, maka Anda termasuk otak kiri.
Tes A. Jika tangan Anda sama seperti pada gambar, maka Anda termasuk otak kiri.

Tes B
Lipat tangan Anda di depan Anda. Jika lengan kanan Anda berada tepat di atas lengan kiri artinya otak kiri. Jika lengan kiri Anda berada tepat di atas lengan kanan artinya otak kanan. Jika posisi tangan Anda sama seperti pada gambar, maka Anda otak kiri.
Tes B. Jika posisi tangan Anda sama seperti pada gambar, maka Anda otak kiri.

Bagaimana Hasilnya?
Apakah Anda cenderung menggunakan otak kiri atau otak kanan?
  1. (A) Kanan + (B) Kiri (Seimbang cenderung kanan)
    Sangat perhatian, konvensional, berbelit-belit, cepat akrab dengan orang lain, waspada, pengalah, stabil.
  2. (A) Kanan + (B) Kanan (Dominan otak kanan)
    Suka tantangan dan bersikap apa adanya, cepat bertindak, imajinasinya kuat, selalu ingin tahu dan suka tantangan, ceroboh dan nekat, jarang mendengarkan pendapat.
  3. (A) Kiri + (B) Kiri (Dominan otak kiri)
    Berdedikasi, cuek, perfeksionis, logis, selalu merasa benar, bisa dipercaya, kaku, memiliki banyak hal yang membanggakan, lawan yang tangguh.
  4. (A) Kiri + (B) Kanan (Seimbang cenderung kiri)
    Suka mengurusi orang lain, berbakat jadi pemimpin, pandai berbicara dan menyiasati situasi, perhatian, tenang, bertanggung jawab, selalu berhati-hati dalam berpenampilan.
Jadi, bagaimanakah kepribadian Anda berdasarkan bagian otak yang sering dipakai? Apakah hasilnya sama?


Note: Tes kepribadian ini saya ambil dari Science Center, Trans Studio Bandung. Bagi Anda yang sudah pernah kesana mungkin pernah membacanya.

Science Center, Trans Studio Bandung, photo by firmandije with NL720
 

Post a Comment Blogger

 
Top